About

Contoh Tulisan Berjalan

Pages

Sabtu, 10 November 2012

materi 5

MATERI 5

A.PENDAHULUAN
Untuk dapat tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disediakan ISP melalui media transfer data yang sesuai. Bisa melalui saluran telepon atau media yang lain. Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat mendorong pengembangan teknologi komunikasi data yang baru. Dulu, akses internet dial up melalui jaringan telepon dirasa sudah mencukupi. Namun saat ini, layanan itu tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna internet. Pengguna internet tentu ingin membuka halaman-halaman buku elektronik dengan cepat, mendengarkan siaran radio internet, menonton siaran televisi online, telepon internet, atau melakukan konferensi jarak jauh. Semua itu membutuhkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, penyedia jasa internet (ISP) menawarkan berbagai macam metode koneksi internet yang dapat dipilih pelanggan sesuai dengan kebutuhannya.
B.PEMBAHASAN
1. Koneksi melalui Jaringan Wireless
Koneksi tanpa kabel (wireless connection) merupakan inovasi baru untuk koneksi internet 24 jam. Teknologi wireless mengirimkan data menggunakan gelombang radio dalam spektrum gelombang elektromagnetik. Wireless merupakan solusi bagi para pengguna internet yang mengalami kesulitan mengakses internet dengan menggunakan kabel seperti serat optik, saluran telepon, atau jaringan kabel lainnya. Diprediksikan jaringan wireless akan menjadi pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan dalam memenuhi kebutuhannya di masa yang akan datang. Selain untuk sambungan langsung ke internet, jaringan wireless ini dapat digunakan untuk menggantikan jaringan LAN dengan kabel yang disebut Virtual Private Network (VPN).

Salah satu layanan internet fixed wireless adalah wifi. Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Network РWLAN) yang didasari pada spesifikasi tertentu yang disebut IEEE 802.11. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan komputer LAN, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan komputer/laptop yang mempunyai kartu nirkabel (wireless card) dan Personal Digital Assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet melalui titik akses yang disebut hotspot. Mungkin kamu pernah pergi ke mall, caf̩, hotel, atau bandara yang menyediakan fasilitas hotspot. Di tempat inilah kamu dapat melakukan koneksi internet secara wireless.
Salah satu kelebihan dari wifi adalah kepraktisan, tidak perlu repot menghubungkan komputer/laptop secara fisik ke jaringan internet melalui kabel. Kecepatan akses tergantung sinyal yang diperoleh, artinya semakin dekat dengan hotspot, sinyal semakin baik, sehingga kecepatan yang diperoleh semakin tinggi sampai batas tertentu. Meskipun wifi hanya dapat diakses ditempat yang bertandakan “Wifi Hotspot”, jumlah tempattempat umum yang menawarkan “Wifi Hotspot” terus meningkat secara drastis. Dengan fasilitas “Wifi Hotspot”, berarti pelanggan mereka dapat mengakses internet yang artinya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.

a) Akses Di Laptop / Netbook
§  Pastikan telah terinstall driver dari perangkat wi-fi pada komputer/laptop anda. Wi-fi internal atau eksternal sama saja yang penting berfungsi dan driver telah dipasang.
§  Jika telah terpasang sempurna driver (lihat di device manager), biasanya akan otomatis terdetect jika ada jaringan hotspot yang berada di daerah jangkauan. Petunjuk koneksi terlihat pada bagian icon sys tray Windows di kiri bawah layar.
§  Pada Control Panel » Network Connection klik dua kali pada wireless network connection yang ada (bisa juga dari icon sys tray)
§  Pada menu samping kiri, pilih refresh netwok list, sehingga akan muncul daftar nama pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan
§  Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok: unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dan kita akan mendapatkan IP address dinamik. Sedangkan pada secured kita harus registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan baru mendapatkan IP address.
§  Pilih salah satu yang unsecured jika ada dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia. Jika yang pemancar yang unsecured banyak, pilihlah yang kuat sinyalnya seperti yang dilihat pada masing-masing indikasi kualitas sinyal.
§  Kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah, tunggu proses untuk mendapatkan IP address secara otomatis selesai
§  Jika connect, pada icon tray, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan jenis kekuatan sinyal yang diterima seperti Excelent (54 Mbps), Very Good, Good, Low, dan yang paling jelek kategori poor
§  Jika jaringan terputus, biasanya akan otomatis tersambung lagi pemancar yang sama atau pemancar lain yang lebih baik kualitas sinyalnya.
§  .berhati-hatilah dengan data pada komputermu, jangan ada folder yang di-share bebas sehingga orang lain bisa mengirim program jahat.

Nah, itulah Cara Setting Koneksi Internet WiFi di Jaringan Hot Spot Area mungkin bisa membantu anda agar bisa koneksi internet tanpa kabel dengan menggunakan Wi Fi di jaringan Hotspot, dengan demikian mulai sekarang anda bisa memanfaatkan hot spot yang disediakan di tempat-tempat tertentu.

b) Akses Di PC
Anda punya dua Laptop/PC yang didalamnya terdapat fasilitas WIFI/Wireless Lan... trus anda pingin koneksikan laptop/PC anda dengan laptop/PC yang lain. sehingga ketika terhubung antar laptop/pc yang satu dengan laptop yang lain dapat sharing data, printer, internet, remote komputer dll. Cara sederhana dapat dilakukan dengan koneksi adhoc yaitu koneksi wireless LAN tanpa menggunakan akses point, terhubung langsung antara komputer ke komputer lainnya tanpa menggunakan kabel.
Setting koneksi adhoc untuk windows xp adalah sebagai berikut :
  • Nyalakan wifi
  • Masuk ke network connection (klik start -->Control Panel --> Network and internet connection --> Network Connection )
  • Klik kanan pada wireless network connection, kemudian klik properties.
  • Pilih Tab Wireless Networks --> klik Advanced
  • Pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only
  • Klik Close, Tampilan akan kembali ke jendela Wireless Network Connnection Properties
  • Pada Preferred networks , klik Add
  • Beri nama Network name (SSID) sesuai dengan yang kita inginkan misalnya contoh disini saya beri nama mycom (pada komputer yang lain namanya harus sama (mycom)).--& klik OK
  • Pada Wireless network key, agar lebih mudah dulu  network Authentication diisi : Open , pada Data encryption diisi : Disable. ( kalau mau langsung pakai proteksi juga silakan, tapi sebaiknya seperti ini dulu, nanti kalau sudah berhasil koneksinya silakan utak-atik option ini ). Sehingga pada preferred networks akan tampil nama SSID yang sudah kita buat dengan nama mycom --&  klik ok untuk keluar.
  • Lakukan hal / langkah yang sama pada laptop/komputer yang lain yang akan dikoneksikan. ( ingat nama /network name (SSID) harus sama ( mycom)).
  • Kalau kedua komputer sudah disetting seperti langkah di atas, langkah selanjutnya adalah tinggal mengkoneksikannya yaitu dengan masuk ke Network Connection, kemudian klik kanan pada Wireless Network Connection, pilih View available wireless networks. Disana akan tampil SSID dengan nama mynet, sorot dengan mouse kemudian klik tombol Connect. Tunggu beberapa saat sampai statusnya Connected

c) Akses Di Handphone
Hape sebagai modem untuk melakukan koneksi internet merupakan cara paling sederhana yang layak dilakukan bagi generasi yang serba kebelet, misalnya sekedar untuk ber YM ria lewat pc, atau membuka email dari rekan bukan kebelet merayu cewek lho?. Tapi bagi professional surfer saya kira kurang puas, kecuali bisa melakukan tweak juga pendongrak koneksi internet.
Berikut settingan beberapa profider mulai gsm dan cdma, kalo ada yang kurang silahkan di tambahi.
Ø  Persiapan:
a.Peralatan yang di perlukan:
§  Sebuah HP yang support GPRS, dan sudah bisa koneksi dengan GPRS.
§  Kartu telepon / sim card.
§  Personal computer boleh juga laptop.
§  Perangkat koneksi, dari HP ke PC. Boleh pakai kabel data, Bluetooth, atau IrDA (Infrared Data Adapter). Berikut dengan drivernya yang sudah diinstall. Pokoknya sudah bisa kirim-kiriman antara PC dan HP.
§  Tancapkan hanphone yang sudah aktif gprsnya (pastikan kondisi on) dengan kabel data ke usb komputer anda. Bila file driver telah ada di komputer maka secara otomatis akan mendeteksi dengan sendiri. bila tidak lakukan penginstalan driver secara manual.

b.Setting Modem
§  Start >> control panel >> Phone and Modem Options>> akan muncul daftar modem yang udah terdeteksi oleh komputer beserta portnya bisa com2, com7 dst. Bila sudah ada berarti terdeteksi bila belum bisa di pastikan salah satu setingan belum lengkap, periksa kabel data dan hidupkan hanphone anda.
§  Untuk memastikan koneksi antara pc dengan hanphone secara manual, silahkan sorot nama modem anda lalu pilih properties, di tab general akan tertera nama modem hape anda, lalau pilih diagnostics lalu query modem, bila tertera success berarti komunikasi oke.
Silahkan lihat bagian tab advanced, lalu di bagian extra setting masukkan kode dibawah ini: – lalu ok.
§  Kode extra setting
§  AT+CGDCONT=1,”IP”, “Acsess poin name operator”
Sebagai catatan: Acsess poin name merupakan variable yang senantiasa bisa berubah, kita sesuaikan dengan kartu hanphone yang kita pakai.
§  Contoh: anda memakai kartu im3 sebagai kartu hanphone yang anda gunakan sebagai modem handphone, maka settingannya kan jadi sebagai berikut:
AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-im3.net”
§  Berikut settingan kode untuk masing masing operator:
AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-im3.net” untuk im3
AT+CGDCONT=1,”IP”,”satelindogprs.com” untuk matrix dan mentari
AT+CGDCONT=1,”IP”,”internet” untuk telkomsel
AT+CGDCONT=1,”IP”,”xlgprs.net” untuk xl

c.Melakukan koneksi / membuat dial up:
§  Buka Control Panel lagi,
§  Pilih Network Connections,
§  New Connection Wizard.
§  Ikuti langkah-langkahnya dengan menekan Next…
§  Untuk Connection Type, pilih Connect to the Internet
§  Getting Ready, pilih Set up my connection manually
§  Internet Connection, pilih Connect using a dial-up modem
§  Pada connection name / isp name isikan nama terserah anda misal konekyuk (sebagai nama koneksi anda)
§  Pada Phone number to dial, isikan *99***1# (lihat daftar di bawah untuk cdma berbeda)
§  Pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan setting kartu anda. Jika menggunakan IM3, usernamenya gprs dan passwordnya im3 (lihat daftar di bawah. silahkan di sesuaikan sendiri.

Daftar username dan password serta dial number gsm dan cdma:
·         Telkomsel
username: wap
password: wap123
dial number : *99***1#
·         Mentari
username: indosat
password: indosat
dial number : *99***1#
·         Matrix
username: silahkan di kosongi
password: silahkan dikosongi
dial number : *99***1#
·         Xl
username: xlgprs
password: proxl
dial number : *99***1#
·         Im3 ( yang berdasarkan kb )
username: gprs
password: im3
dial number : *99***1#
Im3 ( yang berdasarkan waktu/ time base )
username: indosat@durasi
password: indosat@durasi
dial number : *99***1#
·         Fren
username: m8
password: m8
dial number : #777
·         Telkom Flexy
username: telkomnet@flexy
password: telkom
dial number : #777
·         Starone
username: starone
password: indosat
dial number : #777
Catatan : angka 1 di dalam setingan dial number silahkan disesuaikan dengan banyaknya koneksi internet yang ada di komputer anda. contoh anda memiliki 2 macam koneksi internet dari pc anda maka dial number bisa diisi: *99***2# dst.

B. KONEKSI INTERNET DENGAN KABEL
a) Akses di Laptop / Netbook
Windows XP menyediakan setting yang sangat mudah untuk melakukan hal ini. Hanya dalam beberapa menit anda bisa menggunakan modem yang tertancap di satu PC untuk bisa digunakan oleh PC atau Laptop lain terhubung malalui kabel LAN (UTP).
Internet Connection Sharing
Lakukan langkah-langkah berikut di komputer yang ada modemnya:
1. Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Network Connections
2. Pilih modem koneksi yang hendak di share, lalu klik kanan mouse
3. Pilih properties
4. Pilih tab Advanced
5. Di opsi Internet Connection Sharing, centang Allow other network users to connect trough this computers Internet connection
6.Pilih opsi Establish a dial-up connection whenever a computer on my computer on my network attempts to access the Internet kalau anda mengijinkan komputer satunya untuk otomatis melakukan dialup
7. Klik OK, akan muncul peringatan bahwa IP address LAN card anda akan diset menjadi 192.168.0.1 yang perlu diingat adalah komputer lain harus memiliki IP address dalam range 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254 (supaya masuk dalam segmen yang sama)

LAN Setting
Menyiapkan parameter koneksi untuk komputer lain:
1. Start > Control Panel > Network Connections
2. Pilih Local Area Connections, klik kanan mouse lalu properties
3. Pilih tab General, klik Internet Protocol (TCP/IP) klik properties
4. Anda boleh pilih opsi Obtain an IP address automatically, tapi lebih aman jika anda berikan IP address dalam range 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254 lalu di gateway ketikkan 192.168.0.1 (alamat IP modem yang akan di share)
5. Klik OK, selesai
Langkah Terakhir:
1. Start > Control Panel > Internet Options
2. Pilih tab Connections, kllik tombol setup
3. Akan muncul New Connection Wizard, klik next
4. Pilih Connect to the Internet, klik next
5. Pilih Set up my connection manually, klik next
6. Pilih Connect using a broadband connection that is always on. Klik next
7. Klik Finish.
b) Akses di PC
1. Membeli dan memasang kartu jaringan Ethernet sekunder di PC jika Anda belum memiliki port Ethernet yang tidak terpakai. PC paling datang dengan setidaknya satu port Ethernet, yang akan kemungkinan besar tidak akan digunakan jika Anda telah menggunakan koneksi internet nirkabel.
2. Hidupkan PC. Setelah selesai booting up, klik tombol "Start" dan kemudian "Control Panel" untuk membuka Control Panel. Arahkan ke menu adapter jaringan dengan mengklik "Jaringan dan Internet," "Berbagi Pusat Jaringan" dan kemudian memilih "Ubah Pengaturan Adapter."
3. Klik kanan koneksi yang Anda ingin berbagi dengan Mac, dan kemudian pilih "Properties." Anda mungkin diminta untuk memberikan password administrator Anda.
4. Pilih "Sharing" tab dari jendela koneksi properti. Periksa check-box berlabel "Izinkan pengguna jaringan lain untuk tersambung melalui sambungan Internet komputer ini," lalu tekan "OK."
5. Hubungkan salah satu ujung kabel Ethernet ke PC Ethernet port, dan ujung lainnya ke port Ethernet Mac itu. Nyalakan Mac jika tidak sudah di.
6.Pilih "System Preferences" dari menu Apple, pilih "Jaringan" dari menu "View" dan akhirnya pilih "Built-In Ethernet" dari menu "Tampilkan" pop-up.
7.Pilih tab TCP / IP untuk menampilkan koneksi Ethernet TCP / IP pilihan. Pilih "Menggunakan DHCP" dari menu "Configure" pop-up dan kemudian klik "Apply Now." Mac Anda sekarang harus dapat mengakses internet melalui PC Anda.

c) Akses Di Handphone
Peralatan yang dibutuhkan :
1.    Minimal Komputer yang mempunyai port USB, bisa juga menggunakan koneksi Infra red maupun Bluetooth.
2.    Handphone CDMA yang sudah di lengkapi dengan MODEM, misalnya Nokia seri 3205, 6585, 6015i, dll.
3.    Kabel data, berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan Handphone. Salah satu kabel data yang digunakan untuk ini adalah DKU-5.
4.    memiliki salah satu kartu/nomor ponsel, misalnya kartu milik indosat atau telkom. Karena biaya pemakaian internet akan dibebankan pada pulsa kartu ponsel anda.
Tahap pemasangan :
1.    Installah terlebih dahulu kabel DKU-5 (sewaktu membeli kabel ini, anda akan diberi CD installasi).
2.    Installah Handphone CDMA anda, drivernya juga sudah tersedia pada CD
3.    Buatlah koneksi baru pada komputer anda, dengan cara :
a. Klik Start / program / accessories / communications / new connection wizard
b. Connect to the internet / set up my connection manually / connect using dial-up modem / pilih '...3g paket...'
c. Isi isp name 'namanya terserah anda' contoh: flexi, m8, starone, dll
d. Isi nomor dial dengan  #777
Kartu Flexi
user name :     telkomnet@flexi
password  :    telkom
Mobile 8
user name :     m8
password  :    m8
Star one
user name :     starone
password  :    indosat
Esia
user name :     esia
password  :    esia

C. PENUTUP
            Demikianlah artikel ini dibuat, untuk panduan cara koneksi internet di berbagai media. Semoga bermanfaat !!!

0 komentar:

Posting Komentar